Perbedaan Investasi dan Trading, Lebih Untung mana ?

Perbedaan Investasi dan Trading

Mengerti perbedaan investasi dan trading sangatlah penting untuk Anda yang terbilang baru terjun di dunia pasar modal. Kesadaran berinvestasi atau trading terlebih di usia muda memang sedang digalakkan. Hal ini penting karena tidak ada yang tahu bagaimana kondisi keuangan kedepannya. Sehingga segala persiapan sangat mutlak diperlukan demi kesejahteraan hidup Anda di masa mendatang.

Investasi maupun trading memang memiliki tujuan yang sama, yaitu mencari keuntungan. Tetapi di antara keduanya memiliki perbedaan yang mendasar antara investasi dan trading. Salah satu perbedaan investasi dan trading adalah jangka waktu yang digunakan. Dimana pada investasi fokusnya adalah waktu dengan tempo jangka panjang sedangkan trading adalah transaksi jangka pendek.

Pahami Investasi Saham Perbedaan investasi dan trading

Sebelum mengetahui perbedaan investasi dan trading maka sebaiknya kita harus memahami betul di antara keduanya. Investasi sendiri sangatlah banyak instrumennya salah satunya, saham. Investasi saham pada dasarnya merupakan membeli kepemilikan suatu perusahaan berupa saham dengan tujuan untuk mendapat untung tinggi karena kenaikan harga.

Keuntungan yang diterima oleh seorang investor terbagi menjadi dua yakni Capital Gain dan Deviden. Capital Gain ini adalah keuntungan yang didapat ketika harga saham dalam kondisi naik. Selisih antara harga beli dan jualnya saham inilah yang bisa Anda ambil sebagai keuntungan. Maka penting untuk melihat harga sebelum menjual atau membeli.

Sementara Deviden ini merupakan laba yang diterima tiap tahunnya oleh investor. Perusahaan yang tergabung dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) biasanya setiap tahun membagikan laba kepada investornya. Ketika perusahaan memperoleh laba banyak di tahun sebelumnya maka besar kemungkinan investor bakal kebagian untung tersebut.

Beli dan simpan adalah prinsip dasar investasi. Kunci utama dari investasi adalah kesabaran karena menyimpan jangka waktu bisa lebih dari 5 tahun. Investasi tidak terlalu terpengaruh oleh fluktuasi harga. Karena yang dibeli adalah saham perusahaan yang sehat dengan fundamental yang kokoh. Saham akan dijual ketika tujuan investasi  telah terpenuhi atau kinerja perusahaan mulai memburuk.

Pahami Trading Saham

Perbedaan investasi dan trading

Secara umum, trading saham merupakan aktivitas jual beli saham yang dilakukan dalam jangka pendek serta frekuensi tinggi. Prinsipnya adalah membeli di harga rendah dan jual pada harga lebih tinggi dengan memanfaatkan fluktuasi harga saham. Rentang waktu yang dipakai biasanya jangka pendek, bisa per menit, harian atau paling lama jangka mingguan bahkan bulanan. 

Karena berfokus pada pergerakan harga saham, analisis teknikal sangat diperlukan untuk menentukan harga jual dan beli. Jadi, strategi dan kemampuan analisis sangat berperan dalam melakukan trading karena trader tidak menahan posisi untuk waktu yang lama. Strategi yang biasa digunakan oleh seoarang trader adalah stop loss, target profit dan risk-reward ratio.

Strategi ini mulai dari membuat perencanaan, bagaimana memanajemen emosi, mengatur keuangan, hingga kemampuan menciptakan aturan untuk disiplin. Masing-masing strategi ini berpengaruh besar terhadap keberhasilan seorang trader. Sehingga harus benar-benar diperhatikan. Termasuk bagaimana mencari peluang untuk profit terlebih disaat kondisi sedang tidak baik karena pasar trading ini sulit sekali diprediksi.

Sebelum mulai melakukan transaksi jual beli saham sebaiknya Anda pahami perbedaaan investasi dan trading terlebih dahulu. Memang keduanya sama-sama bisa menguntungkan namun, sangatlah berbeda dari segi waktu hingga strategi untuk mendapatkan profit. Dan kemampuan Anda disini sangatlah diperlukan.

Perbedaan investasi dan Trading

 InvestasiTrading
TimeframeLong term Short term
Konsep dasarBuy and holdBuy and sell
FokusBerpatokan pada Fundamental perusahaanBerpatokan pada fluktuasi harga saham
AnalisisAnalisis FundamentalAnalisis teknikal
Sumber dataLaporan KeuanganGrafik harga saham, informasi ekonomi, politik global, bandar saham

Banyak orang awam mengatakan bahwa investasi dan trading adalah dua hal yang sama. Pendapat ini memang ada benarnya juga. Karena investasi dan trading saham konsepnya membeli diharga rendah kemudian menjualnya di harga lebih tinggi untuk mendapatkan profit. Meskipun sepertinya mirip tetapi ada perbedaannya. Untuk mempermudah memahami perberdaan investasi dan trading, Simak contoh berikut :

Misalnya ada 2 orang pelaku pasar saham, sebut si A dan B. Mereka berdua  membeli saham ABC pada harga Rp100 per lembar. Beberapa saat kemudian setelah dibeli saham ABC tersebut mengalami kenaikan menjadi Rp150. Si A yang merupakan trader, langsung menjual saham ABC meski sesaat setelah dibeli. 

Sementara si B yang merupakan investor, tidak tergoda menjual sahamnya untuk jangka pendek, walau sudah profit. Seorang investor akan menyimpan saham yang dibelinya dalam jangka panjang, umumnya lebih dari lima tahun. Oleh karena itu investor sangat menekankan faktor fundamental dan kinerja perusahaanya.

Lebih Untung Investasi atau Trading ?

Pertanyaan selanjutnya yang paling sering ditanyakan adalah manakah yang lebih banyak menghasilkan profit? Investasi atau trading? Well, seharusnya pertanyaan yang lebih tepat adalah : mana yang lebih cocok untuk saya, investasi saham atau trading saham? 

Untuk Anda yang suka pada hasil jangka panjang, Anda lebih cocok berinvestasi saham. Maka Anda perlu belajar analisis fundamental dan membaca laporan keuangan

Dan untuk Anda yang suka pada hasil jangka pendek, Anda lebih cocok trading saham. Maka Anda perlu belajar analisis teknikal.

Setelah mengetahui perbedaan investasi dan trading saham. Selanjutnya Anda bisa menentukan minat dan kecocokan serta tujuan anda terjun ke pasar saham. Pastinya,  investasi maupun trading memiliki potensi keuntungan dan juga kerugian. Tetapi yang paling penting adalah sebelum Anda berinvestasi atau trading saham, pastikan Anda sudah belajar terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Baca juga : 4+ Cara Sederhana Analisis Fundamental Perusahaan
Kuasai Garis Support dan Resistence ! Dijamin Profit Konsisten

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment