Milenial : 5 Alasan Investasi Sejak Usia Muda Itu Penting

5 Alasan Pentingnya Investasi Sejak Usia Muda

Stereotip yang berkembang mengenai investasi hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya adalah sesuatu yang keliru. Investasi keuangan sesungguhnya bisa dilakukan oleh siapa saja yang mau menyisihkan modal untuk memulai investasi pada produk yang tepat. Bahkan, investasi sebaiknya dimulai sejak usia muda karena pada usia tersebut seseorang sangat produktif dalam mendapatkan penghasilan.

Jika Anda belum merasa perlu melakukan investasi di usia muda, mari kita sama-sama belajar mengenai pentingnya investasi sejak usia muda di sini.

Alasan Pentingnya Investasi Sejak Usia Muda

5 Alasan Pentingnya Investasi Sejak Usia Muda

Kebutuhan dan keinginan manusia sangatlah banyak, baik itu kebutuhan primer, sekunder, maupun tersier, semuanya membutuhkan dana untuk menunjang kebutuhan tersebut. Jika hanya mengandalkan pendapatan yang ada saat ini, Anda akan cenderung konsumtif dan belum tentu dapat mempersiapkan dana bila ada kebutuhan darurat.

Makanya, investasi keuangan sangat penting dilakukan, dan sebaiknya Anda memulai investasi sedini mungkin. Berikut adalah lima alasan lain kenapa pentingnya investasi sejak usia muda.

1. Mempersiapkan Dana Untuk Masa Depan

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan hidup juga akan bertambah, seperti biaya kesehatan, biaya berumahtangga, biaya pendidikan, dan sebagainya. Meski begitu, tidak selamanya Anda akan aktif bekerja dan mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup harian Anda.

Maka dari itu, yang bisa menyelamatkan kebutuhan masa depan Anda adalah tabungan dan investasi yang harus Anda mulai lakukan sedini mungkin, agar jumlahnya semakin besar dan mencukupi kebutuhan masa depan Anda.

2. Memiliki Sumber Keuangan Tambahan

Salah satu keuntungan berinvestasi sejak usia muda adalah adanya kesempatan untuk memiliki sumber keuangan tambahan selain dari penghasilan utama yang Anda dapatkan sekarang. Biasanya, sumber keuangan ini disebut juga dengan pendapatan pasif karena proses mendapatkan pendapatan ini tidak dengan bekerja secara aktif, namun mengandalkan aset investasi aktif yang Anda miliki.

Semakin awal memulai dan semakin banyak aset investasi yang Anda miliki, maka semakin besar pendapatan pasif untuk tambahan keuangan Anda.

3. Merencanakan Keuangan Agar Merdeka Finansial

Merdeka secara finansial berarti Anda berada dalam kondisi dimana Anda bebas menjalani hidup tanpa ada rasa takut mengenai pembiayaan kebutuhan sehari-hari. Kondisi ini akan sulit dicapai bila Anda tidak memiliki tabungan yang cukup atau masih memiliki cicilan dalam jumlah besar.

Untuk mengatasi hal tersebut, investasi sejak usia muda dapat membantu Anda agar bisa mencapai kemerdekaan finansial. Seperti yang telah disebutkan di atas, investasi dapat membuat Anda memiliki sumber keuangan tambahan yang tentu sangat dibutuhkan bila Anda ingin segera merdeka finansial dan hidup nyaman tanpa memikirkan masalah keuangan.

4. Menghindari Pola Hidup Konsumtif

Masa muda adalah masa seseorang bersenang-senang menikmati hidup, sehingga tak jarang gaya hidupnya menjadi konsumtif dan cenderung boros. Ketika Anda memutuskan untuk berinvestasi sejak usia muda, Anda dapat mengalokasikan dana yang Anda miliki untuk hal yang lebih bermanfaat di masa depan dan menjadi lebih dispilin dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya sehingga terhindar dari sikap konsumtif dan boros tersebut.

5. Mempercepat Menggapai Impian

Apakah Anda memiliki impian tertentu yang membutuhkan dana cukup besar? Sebagai contoh, Anda membutuhkan modal untuk memiliki rumah, membeli kendaraan, atau memulai bisnis sendiri.

Dengan berinvestasi sejak usia muda, Anda bisa lebih cepat menggapai impian Anda tersebut dengan memanfaatkan hasil yang didapatkan dari aset investasi dan merasakan hasilnya dalam waktu yang lebih lama.

Jenis Investasi Apa Saja yang Bisa Dimulai Sejak Usia Muda?

Orang-orang awam yang belum pernah berinvestasi biasanya kurang mengenal jenis-jenis investasi yang ada saat ini. Untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi di usia muda, ada opsi-opsi investasi yang tidak memerlukan modal terlalu besar. Berikut adalah jenis-jenis investasi yang bisa dimulai di usia muda.

pentingnya investasi sejak usia muda

i. Reksa Dana

Opsi yang paling sering disarankan untuk memulai investasi bagi pemula adalah reksa dana. Secara umum, reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana yang diinvestasikan ke suatu portfolio pasar modal. Cara investasi ini termasuk aman karena Anda akan dibantu oleh Manajer Investasi dalam mengelola dana yang Anda investasikan.

Yang terpenting, pastikan bahwa lembaga reksa dana yang Anda pilih sudah berbadan hukum sah, terdaftar di OJK, dan memiliki pengalaman dalam menghasilkan profit secara konsisten.

Baca juga : Why Investasi Saham not Reksadana ? 5 Perbedaan Investasi Saham dan Reksadana

ii.  Investasi Saham

Saham adalah salah satu investasi yang paling digandrungi oleh kaum milenial saat ini.  Investasi saham berarti Anda membeli sebagian porsi dari perusahaan terbuka dan memiliki bagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Terdapat dua jenis keuntungan dari investasi saham, yaitu deviden dan capital gain.

Jika Anda memilih untuk berinvestasi saham secara langsung, Anda perlu memiliki pengetahuan dalam membaca laporan keuangan perusahan dan memilih saham yang akan Anda perjualbelikan agar tidak mengalami kerugian.

Baca juga : SIMPLE! 3 Cara Memilih Investasi Saham Pemula tanpa Analisis Fundamental

iii.  Investasi Emas

Opsi investasi jangka panjang yang sangat menguntungkan adalah investasi emas. Maksudnya disini adalah Anda membeli emas agar dapat dijual lagi pada harga tertentu nantinya. Meskipun harga emas cukup fluktuatif, investasi emas cukup aman dan menguntungkan.

Namun Anda juga perlu menyisihkan modal lebih banyak karena harganya yang tidak murah. Salah satu cara yang bisa dilakukan jika ingin investasi emas adalah dengan menabung di bank emas dan meraup keuntungan dari sana.

iv.  Tabungan Berjangka

Yang dimaksud dengan tabungan berjangka adalah produk tabungan yang mengharuskan nasabah menyimpan uang dalam jangka waktu tertentu, misalnya 3 bulan  atau 1 tahun. Selama masa tersebut, nasabah akan mendapat bunga sesuai ketetapan, namun tidak dapat menarik uang yang ditabung sampai waktu jatuh tempo.

Investasi dengan tabungan berjangka termasuk cukup mudah karena Anda cukup mendaftarkan rekening tabungan berjangka di bank pilihan Anda dan kemudian memastikan bahwa saldo di tabungan mencukupi untuk penarikan tabungan berjangka setiap bulannya.

v. Obligasi

Yang dimaksud dengan obligasi adalah surat pernyataan hutang yang diterbitkan oleh pihak tertentu. Surat ini bisa diterbitkan oleh perorangan, perusahaan, ataupun pemerintah, dengan tujuan mendapatkan dana segar tambahan untuk modal bagi penerbit.

Investor yang membeli obligasi akan mendapatkan kembali uang mereka beserta bunga dalam jangka waktu yang ditentukan. Bila Anda ingin melakukan investasi jangka menengah hingga panjang, investasi obligasi cocok untuk Anda karena waktu jatuh temponya bisa mencapai 10 tahun.

Dengan mengetahui pentingnya investasi sejak usia muda dan jenis-jenis investasi yang bisa dilakukan di usia muda, sudah tidak ada alasan lagi untuk menunda memulai investasi sekarang. Apalagi yang sekiranya memberatkan Anda untuk berinvestasi?

Silakan berikan komentar dan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah ini dan berdiskusi bersama-sama.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment