Ini Dia! 8 Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik untuk Pemula

Perusahaan sekuritas 2

Ada banyak pertanyaan kepada saya bagaimana cara memulai untuk bermain saham, saya pasti selalu menjawab : “buka akun dulu di perusahaan sekuritas. Artinya, langkah pertama yang anda lakukan adalah membuka rekening saham di perusahaan sekuritas.

Karena perusahaan sekuritas adalah pintu masuk uang kita agar bisa ke bursa saham, tanpa perusahaan sekuritas sebanyak apapun uang yang di miliki, anda tidak akan bisa bertransaksi di pasar saham.

Sebelum membahas tips memilih perusahaan sekuritas terbaik, anda harus mengetahui dahulu apa sih perusahaan sekuritas itu.
Jadi, perusahaan sekuritasn adalah perusahaan yang aktivitas utamanya adalah melakukan jual beli efek yang tercatat di bursa saham, yang mempunyai izin dan wewenang untuk melakukan transaksi tersebut.

Baca juga : 5 Rahasia Super Sukses Profit dipasar Saham Khusus Pemula !

Karena bursa saham itu adalah tempat yang berisiko, jadi anda jangan menambah resiko dengan membuka akun di sekuritas yang bermasalah. Perlu diketahui perusahaan sekuritas di Indonesia jumlahnya sangat banyak bahkan hingga ratusan sehingga banyak pertimbangan dalam memilih perusahaan sekuritas yang cocok untuk anda pemula.

Untuk itulah saya membuat membuat artikel singkat ini sehingga dapat membantu anda bagaimana memilih sekuritas terbaik dan menghindari membuka rekening saham berulang kali.

memilih perusahaan sekuritas

Di sini saya tidak akan menyebutkan nama atau brand perusahaan sekuritas, biarlah anda pembaca yang memilih perusahaan sekuritas yang cocok untuk anda sendiri dengan berpatokan pada 8 tips memilih perusahaan sekuritas dibawah ini.

Ini 8 tips memilih perusahaan sekuritas terbaik untuk anda :

1. Terdaftar di BEI dan di awasi OJK

Ini adalah syarat utama yang harus dipenuhi demi keamanan uang kita yaitu terdaftar di BEI dan diawasi OJK. Kita bisa mengetahui perusahaan sekuritas itu terdaftar di bursa Efek Indonesia (BEI) melalui website www.idx.co.id pada menu ‘investor’, selanjutnya pilih ‘Perusahaan Sekuritas di Kota Anda’ atau klik link.

Tips memilih perusahaan sekuritas

Lebih baik pilih sekuritas yang kantor cabangnya  ada di kota anda ya guys, karena nantinya ini juga sangat penting.

Anda juga harus googling untuk mengecek track record dan reputasi perusahaan sekuritas apakah pernah terlibat kasus besar bahkan penipuan seperti investasi bodong yang mengakibatkan kerugian kepada nasabahnya. Jika pernah terlibat, jangan pernah deh mencoba untuk buka akun di sekuritas tersebut.

2. Edukasi rutin dan gratis

Pilihlah perusahaan sekuritas yang mengadakan traning atau edukasi dasar seputar pasar saham kepada nasabah  ataupun calon nasabah yang besifat rutin dan tentu saja gratis.

Pelatihan dasar yang umumnya diberikan oleh perusahaan sekuritas umumnya ada tiga hal, yaitu pelatihan cara pakai dan fungsi penggunaan fitur-fitur online trading, pelatihan  analisa teknikal dasar, dan yang terakhir cara membaca loporan keuangan dasar untuk pemula.

3. Pendaftaran cepat dan praktis

Buat para pemula yang lagi semangat-semangatnya belajar dan yang ingin cepat praktik lansung ke pasar saham pastinya ingin proses registrasi yang cepat dan praktis dong yaa. Sekarang ini sudah banyak perusahaan sekuritas menyediakan registrasi akun secara online yang proses verifikasi data hanya membutuhkan beberapa hari kerja saja, lebih baik kalau bisa tidak lebih dari 7 hari kerja.

4. Layanan customer service responsif.

Namanya juga masih pemula tentu ada banyak hal yang belum di pahami seputar perusahaan sekuritas yang akan anda apply mulai dari cara pakai fitur online trading, cara top up dana, ketentuan tarik dana dan masih banyak hal yang lainnya. Jadi, untuk itu lah dibutuhkan layanan customer yang responsif yang  bisa menjawab pertanyaan dengan cepat.

Bagian ini sangat penting dalam memilih sekuritas terkhusus untuk anda pemula yang ingin bertanya sesuatu yang belum banyak dipahami. Untuk konsultasi, perusahaan sekuritas biasanya menyediakan forum diskusi via watsapp atau telegram, bertanya ke customer service via livechat atau call center.

5. Mobile app user Friendly

Di sini maksud saya bukan hanya menyediakan aplikasi transaksi online baik smartphone atau PC karena memang hampir semua sekuritas memiliki fitur ini, tetapi yang lebih utama ketika di gunakan tidak lemot karena ada beberapa sekuritas yang super lemot ketika diakses.

Selain itu juga memiliki tampilan dan navigasi aplikasi yang nyaman dan simpel, karena pemula itu butuh aplikasi yang mudah dipahami untuk proses belajar.

6. Fee transaksi murah

Semua perusahaan sekuritas pasti memungut biaya dari setiap transaksi jual beli saham yang di lakukan nasabahnya. Oleh karena itu, anda harus cari tahu lebih dahulu sekuritas mana yang membebankan fee transaksi yang murah. Fee yang murah itu berapa sih ? Fee transaksi untuk platform online itu umumnya fee beli 0,2% dan fee jual 0,3%.

7. Minimum deposit kecil

Minimum deposit artinya jumlah minimum uang yang harus disetor ke rekening dana nasabah sebelum melakukakan transaksi di pasar saham. Ada yang mensyaratkan Rp 10 juta hingga ada pula yang di bawah Rp 500 ribu sudah bisa transaksi di pasar saham.

Buat yang masih pemula biasanya  belum berani untuk menyimpan uang yang terlalu banyak di saham. Jadi, pilihlah perusahaan sekuritas yang minimum depositnya kecil dan untuk yang masih pemula saya saranin sih lebih baik start dari dana kecil dulu.

8. Ada fitur automatic order

Ini adalah tips yang terakhir dan juga paling penting menurut saya, yaitu memiliki fitur automatic order.
Automatic order adalah  fitur yang digunakan untuk membeli atau menjual saham secara otomatis ketika telah mencapai di titik harga tertentu yang kita inginkan.

Biasanya di setiap sekuritas automatic order itu namanya berbeda-beda, ada yang namanya automatic trading machine, Auto Order, Super Order, break order tetapi semua ini konsepnya sama cuma beda nama saja.

Dengan fitur anda bisa membatasi kerugian dengan memasang stoploss dan juga taking profit dengan traling stop yang sudah anda tentukan tanpa harus memantau market terus-menerus.
Jadi, pastikan sebelum membuka akun di sekuritas pastikan fitur yang satu ini tersedia.

Pada dasar setiap perusahaan sekuritas itu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan setiap orang pasti punya kecocokan tersendiri dalam memilih perusahaan sekuritas, buat mereka yang sudah expert pasti butuh fitur-fitur yang sudah advance seperti analisis grafik di desktop yang tidak tidak terlalu peduli dengan minimum deposit, kecepatan pendaftaran akun di perusahaan sekuritas, atau layanan edukasi, tetapi sebaliknya buat pemula itu adalah hal sangat penting.   

Tips memilih perusahaan sekuritas

Karena di artikel ini tidak menyebut nama brand sekuritas, buat pembaca silahkan tulis kolom komentar sekuritas apa yang menurut anda memenuhi kriteria di atas dan alasanya. Agar para pembaca yang sedang mencari perusahaan sekuritas yang terbaik bisa terbantu. Terimakasih.

Baca Juga : Ikuti Tahapannya ! Cara Memulai Investasi Saham [Terlengkap]

Seorang trader dan investor di pasar modal

Share

1 Response

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post comment