6 Manfaat Investasi bagi Ekonomi Negara

manfaat investasi bagi ekonomi negara

Selama masa pandemi COVID-19 ini, jumlah investor di pasar modal meningkat 30% di bulan September 2020 dibandingkan dengan 31 Desember 2019. Tentu saja ini merupakan sebuah anomali mengingat indeks harga saham gabungan (IHSG) cenderung menurun selama puncak pandemi dan lockdown. Lalu, mengapa jumlah investor meningkat dan apa saja manfaat investasi bagi ekonomi negara ?

Mengenal Pasar Modal

Sebelum membahas mengenai investasi dan manfaatnya bagi negara, ada baiknya kita memahami konsep pasar modal dan investasi terlebih dahulu.

Prinsip pasar modal sama seperti pasar yang sudah kita ketahui umumnya dimana terdapat penjual (pemerintah, perusahaan swasta, atau public authorities) dan pembeli (investor). Barang yang diperjual belikan adalah produk atau instrumen keuangan sehingga sebagai contoh apabila investor membeli saham sebuah perusahaan, maka investor tersebut memiliki sebagian kecil dari perusahaan tersebut.

Menurut Bursa Efek Indonesia (BEI), pasar modal merupakan pasar untuk melakukan transaksi instrumen keuangan seperi surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif dan lainnya.

Tipe Pasar Modal

Apabila ada pasar tradisional dan pasar modern, pasar modal juga memiliki dua tipe yaitu pasar perdana (primary market) dan pasar sekunder (secondary market). Lalu, apa bedanya ?

1.  Pasar perdana

Pasar perdana merupakan pasar yang dipertujukan untuk menjual saham perdana dan obligasi kepada para investor yang terjadi saat penawaran umum perdana atau lazim juga disebut dengan initial public offering (IPO).

2. Pasar sekunder

Di pasar sekunder, para investor dapat membeli atau menjual surat-surat berharga yang sudah tercatat di bursa. Tujuan para investor di pasar sekunder tentu saja berusaha untuk mengambil untung dari kenaikan harga (capital gain) dan menghindari atau membatasi kerugian yang terjadi (capital loss).

Manfaat Investasi Bagi Ekonomi Negaramanfaat investasi bagi ekonomi negara

Setelah membahas mengenai pasar modal beserta tipenya, sudah saatnya kita membahas mengenai manfaat investasi bagi ekonomi negara. Mengapa pasar modal dibahas terlebih dahulu?

Hal ini disebabkan investasi dan pasar modal saling berkaitan satu sama lain dan negaralah yang paling diuntungkan dengan adanya pasar modal ini. Keuntungan negara yang diperoleh melalui pasar modal akan digunakan untuk kepentingan seluruh rakyat.

Baca juga : Tips dan Peluang Investasi saat Resesi di Pasar Saham

Berikut adalah enam manfaat investasi bagi ekonomi negara :

1.  Sumber Pendapatan Negara yang Penting

Seperti yang telah disebutkan diatas, diperlukan sebuah transaksi jual-beli yang bertujuan untuk mengambil keuntungan. Pada saat seorang investor melakukan sebuah transaksi, negara dapat menarik pajak dari setiap transaksi yang dilakukan. Sehingga, dengan meningkatnya jumlah investor dan volume transaksi, maka pendapatan negara melalui pajak transaksi yang terjadi di pasar modal dapat meningkat.

2. Menggerakan Roda Perekonomian

Masih senada dengan manfaat investasi nomor satu, semakin banyaknya investasi yang dilakukan, maka semakin banyak modal yang diperoleh suatu negara untuk membangun sebuah infrastruktur yang dapat meningkatkan produktivitas sebuah negara seperti membangun jalan tol atau menciptakan lapangan pekerjaan.

Dengan mendorong pembangunan, sebuah negara dapat terus memutar roda perekonomian secara terus-menerus untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

3. Tempat Menarik Investor Asing Untuk Menanamkan Modalnya

Pasar modal yang dimiliki sebuah negara adalah tempat transaksi yang diregulasi secara ketat oleh lembaga-lembaga tertentu yang ditunjuk secara langsung oleh negara tersebut untuk memantau dan meregulasi aktivitas yang terjadi di dalam pasar modal.

Tingkat keamanan dan transparansi ini membuat para investor asing percaya untuk menanamkan modalnya di sebuah pasar modal di negara lain. Sehingga, dengan meningkatnya jumlah modal yang ditanamkan di pasar modal, jumlah transaksi juga akan meningkat dan dapat membantu memberikan manfaat investasi bagi ekonomi negara melalui 2 poin di atas.

4.  Menambah Lapangan Pekerjaan

Surat berharga yang diterbitkan oleh sebuah emiten atau perusahaan dalam bentuk kepemilikan saham yang diperjualbelikan di pasar modal bertujuan untuk meningkatkan kapita atau modal perusahaan tersebut. Sehingga, modal yang didapatkan dari penerbitan saham dapat dipergunakan oleh perusahaan tersebut untuk mengembangkan bisnisnya.

Ekspansi dari bisnis ini memberikan dampak positif dengan cara berkontribusi terhadap pembukaan lapangan kerja baru di tempat tersebut.

5.  Meningkatkan Produktivitas

Manfaat investasi lainnya bagi ekonomi negara adalah meningkatkan produktivitas negara. Dengan adanya pasar modal, sebuah perusahaan dapat mengumpulkan uang melalui pasar modal tanpa perlu mengurus izin ke bank atau lembaga keuangan lainnya. Hal ini menjadi penting terutama saat peminjaman ke bank tidak disetujui dengan alasan tertentu.

Kemudahan yang diperoleh dalam memperoleh modal atau kapita secara otomatis perusahaan tidak perlu lagi memikirkan tentang pendanaan dan dapat berkonsentrasi mengenai strategi dan eksekusi untuk mencapai keuntungan yang lebih tinggi.

Sehingga, produktivitas dicapai dengan tidak memikirkan mengenai pendanaan yang merupakan kendala bagi perusahaan-perusahaan yang baru saja berdiri.

6.  Indikator Perkembangan Perekonomian Suatu Negara

Manfaat investasi dan pasar modal bagi negara yang terakhir adalah menjadi tolak ukur yang dapat dipakai secara objektif untuk melihat perkembangan perekonomian suatu negara.

Dengan terbukanya pasar modal bagi seluruh rakyat Indonesia, semua orang dapat bertransaksi di pasar modal, baik dari lapisan masyarakat menengah kebawah hingga yang lapisan atas.

Dengan bertambahnya jumlah investor dalam negeri, diharapkan bahwa masyarakat Indonesia di kalangan mengengah yang berinvestasi juga meningkat sehingga terdapat pemerataan penyebaran kepemilikan perusahaan untuk meningkatkan perkembangan perekonomian suatu negara.

Enam alasan diatas merupakan ulasan manfaat investasi terhadap ekonomi negara. Pertanyaannya adalah, sudahkah Anda menjadi seorang investor ?

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment