10 Ide Passive Income Aman dan Menguntungkan Selama #dirumahaja

Ide passive income, ide-ide apa menghasilkan passive income dari rumah

Banyak sekali hal yang berubah selama pandemi menjangkit seluruh dunia. COVID-19 telah mempengaruhi berbagai aspek kehidupan termasuk masalah sosial dan finansial. Untuk Anda yang selama ini #dirumah saja, atau bekerja dari rumah diperlukan ide-ide yang menghasilkan passive income yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan .

Secara finansial, semua orang sekarang semakin berhati-hati dalam mengatur keuangan mereka karena ketidakpastian kondisi pemasukan dan pengeluaran sampai pandemi berakhir. Ide-ide yang menghasilkan passive income pun berkembang agar mereka tidak bosan dan tetap memiliki pendapatan meskipun hanya di rumah.

Agar Anda tetap memiliki kegiatan di rumah selain pekerjaan harian dan dapat mempertahankan keadaan finansial Anda selama pandemi, memiliki passive income dapat menjadi pilihan. Anda tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan passive income dan keuntungan yang Anda dapat bisa menjadi tabungan masa depan Anda. Apa saja ide-ide yang menghasilkan passive income dari rumah?

Berikut 10 ide-ide yang menghasilkan passive income dari rumah :

Ide passive income, ide-ide apa menghasilkan passive income dari rumah

1. Affiliate Marketing Melalui Blog

Ide passive income yang pertama adalah affiliate marketing. Secara sederhana, affiliate marketing adalah suatu cara pemasaran produk atau jasa dimana seseorang akan mendapatkan komisi setiap kali berhasil mempromosikan produk atau jasa tersebut. Kegiatan ini cukup populer di kalangan penulis blog karena mereka dapat menghasilkan uang melalui komisi yang didapatkan melalui afiliasi.

Untuk dapat melakukan affiliate marketing melalui blog, Anda perlu mendaftarkan blog Anda di program afiliasi yang diadakan suatu perusahaan. Kemudian Anda cukup menulis blog yang berhubungan dengan produk atau layanan yang akan dipromosikan lalu menyertakan link untuk pembaca blog mengunjungi website untuk mendapatkan produk atau layanan tersebut. Setiap klik yang dilakukan melalui link afiliasi Anda akan terhitung sesuai komisi yang sudah ditetapkan.

2. Memanfaatkan YouTube AdSense

Mendapatkan uang dengan menjadi content creator di YouTube bukanlah hal yang asing terdengar saat ini. Sudah banyak sekali orang yang memutuskan untuk menjadi YouTuber karena keuntungan yang didapatkan dari YouTube tidaklah sedikit. Passive income yang didapatkan para YouTuber adalah hasil AdSense yang mereka pasang di dalam video yang mereka unggah di YouTube. Jadi, setiap iklan yang muncul akan terhitung sebagai AdSense dan menjadi pemasukan bagi Anda.

Tentu ada syarat yang dibuat oleh YouTube dalam menentukan siapa yang bisa memanfaatkan AdSense dan mendapatkan uang dari sana. Namun bila Anda memang memiliki talenta dalam membuat konten video yang bagus dan menarik banyak penonton, tidak ada salahnya mencoba peruntungan passive income lewat YouTube.

Selain AdSense, YouTube juga memberikan fitur lain untuk menghasilkan uang melalui YouTube seperti: langganan channel, pembelian merchandise, pesan berbayar, dan langganan YouTube Premium.

3.  Sewa Properti

Ide passive income selanjutnya adalah menyewakan properti seperti rumah, ruko, kos, atau kontrakan bukanlah berita baru. Banyak sekali orang yang memang membangun atau memiliki suatu properti untuk mendapatkan penghasilan tambahan bulanan atau sebagai investasi jangka panjang. Bahkan, pendapatan dari menyewakan properti bisa menutupi pengeluaran bulanan dan menjadi modal untuk jenis investasi lainnya.

Modal untuk menyewakan properti memanglah tidak kecil. Namun, investasi properti tidak akan mengalami kerugian karena setiap tahun nilainya pasti bertambah. Tips agar penyewaan properti Anda cepat laku adalah dengan membangun properti sesuai dengan kebutuhan masyarakat, misalnya bila Anda ingin membangun properti di daerah kampus, maka Anda bisa membangun kos mahasiswa. Pastikan juga properti yang Anda miliki berada di lokasi yang strategis agar nilainya semakin meningkat.

4. Rental Kendaraan

Jika Anda memiliki kendaraan yang tidak atau jarang Anda gunakan selama pandemi, Anda bisa membuka jasa rental kendaraan dengan periode hitungan jam atau harian. Untuk memulai usaha ini, Anda bisa bergabung dengan perusahaan jasa penyewaan kendaraan atau mempromosikan sendiri jasa Anda melalui media sosial.

Untuk menghindari risiko kerugian dari menyewakan kendaraan, Anda harus menetapkan regulasi yang dituliskan di kontrak atau surat perjanjian yang ditandatangani penyewa, serta mengetahui identitas penyewa kendaraan Anda. Anda juga bisa memasang alat GPS dan dashboard camera di kendaraan Anda sebagai jaminan Anda agar kendaraan Anda aman dan tidak digunakan untuk hal-hal yang membahayakan.

5. Menjual Hasil Karya Seni atau Fotografi di Internet

Jika Anda adalah seorang fotografer atau pekerja seni digital, ini saatnya Anda menghasilkan passive income dari rumah dengan cara menjual hasil foto atau karya digital Anda di website fotografi atau desain. Banyak sekali website yang menyediakan tempat untuk menjual karya Anda dan persentase harga yang mereka tawarkan biasanya cukup tinggi. Contoh website yang menyediakan fasilitas ini adalah Shutterstock dan Etsy.

Cara mendapatkan passive income melalui website fotografi adalah dengan mengunggah foto atau desain yang Anda miliki. Kemudian, setiap orang yang mengunduh foto atau desain Anda akan membayar dalam jumlah tertentu dan uang tersebut akan masuk ke rekening Anda.

Semakin banyak website yang Anda gunakan untuk menjual hasil karya Anda, maka semakin banyak uang yang Anda dapatkan. Selain itu juga, beberapa website menawarkan harga yang kompetitif apabila Anda menjual hasil karya secara eksklusif hanya di website mereka saja.

6. Investasi

manfaat investasi bagi ekonomi negara

Ide passive income terakhir yang bisa Anda dapatkan selama di rumah adalah berinvestasi. Banyak sekali jenis investasi yang sudah bisa dilakukan secara online sehingga Anda tidak perlu keluar rumah untuk melakukan transaksi. Selain itu, Anda juga dapat menentukan jangka waktu investasi Anda dan meraup keuntungan dari investasi untuk tabungan masa depan nantinya.

Apa saja jenis investasi yang bisa Anda jadikan passive income dari rumah? Berikut adalah daftarnya.

a. Investasi Reksa Dana

Reksa dana adalah jenis investasi yang biasanya menjadi pilihan bagi investor pemula yang baru belajar dan mencoba berinvestasi. Untuk berinvestasi reksa dana, Anda cukup mengirimkan dana Anda ke suatu platform penyedia reksa dana, kemudian Manajer investasi akan membantu Anda dalam mengelola dana yang sudah Anda investasikan.

Jenis investasi ini termasuk investasi yang aman dan minim risiko. Dengan kemajuan teknologi, saat ini sudah banyak aplikasi penyedia reksa dana yang bisa Anda unggah dan langsung Anda gunakan. Jadi, Anda bisa melakukan semua proses investasi dan memantau perkembangannya melalui handphone Anda saja tanpa perlu kemana-mana.

b. Investasi P2P Lending

Peer-to-Peer Lending atau yang lebih dikenal sebagai P2P Lending adalah salah satu jenis investasi dimana Anda menjadi investor atau penyedia dana untuk seorang peminjam melalui platform tertentu. Jenis investasi ini dapat menjadi investasi jangka pendek atau jangka panjang, tergantung kesepakatan Anda dengan peminjam modal.

Agar Anda mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi P2P Lending, pastikan Anda memilih platform yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan memberikan akses permodalan untuk peminjam yang berkualitas. Selain itu, Anda juga perlu melakukan diversifikasi (penyebaran dana) agar bila terjadi kerugian, Anda dapat meminimalkan kerugian investasi yang fatal dari satu instrumen.

c. Investasi Emas

Investasi emas adalah jenis investasi jangka panjang yang cukup aman dan menguntungkan karena harga emas cukup stabil dan cenderung meningkat. Makanya, banyak orang yang menginvestasikan uang mereka dalam bentuk emas, baik itu membeli emas batangan atau dengan menabung emas di bank.

Sekarang, emas bukan lagi jenis investasi mahal yang hanya bisa dilakukan orang-orang tertentu. Dengan adanya fasilitas tabungan emas, Anda bisa menabung uang yang mereka miliki hingga mencapai harga emas dengan berat tertentu. Kemudian, Anda tinggal memutuskan untuk menambahkan tabungan investasi emas Anda atau mencairkan tabungan Anda dan menjual emas tersebut secara online.

d. Investasi Obligasi Negara

Obligasi merupakan surat berharga pernyataan utang yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemerintah. Biasanya, investasi obligasi dilakukan oleh investor yang memiliki tujuan investasi jangka panjang, seperti jaminan masa depan dan kemerdekaan finansial.

Dalam hal investasi obligasi dengan membeli SBN Ritel yang diterbitkan dan dijamin pemerintah, investasi ini sangat aman dan dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Pembeliannya pun bisa dilakukan secara online melalui mobile banking dari bank yang bekerjasama dengan pemerintah untuk pembelian obligasi negara.

Beberapa tips dalam investasi obligasi agar hasilnya menguntungkan adalah Anda perlu memilih jangka waktu obligasi yang sesuai dengan tujuan investasi Anda. Kemudian, tentukan waktu yang tepat untuk melakukan transaksi jual atau beli obligasi yang Anda pegang sesuai perhitungan yang sudah Anda lakukan.

Demikianlah ide-ide yang menghasilkan passive income yang bisa Anda lakukan selama di rumah. Bila Anda memiliki ide lain yang juga menguntungkan selama masa pandemi ini, silakan share ide Anda di kolom komentar di bawah ini.

Baca juga : Milenial : 5 Alasan Investasi Sejak Usia Muda Itu Penting

Seorang trader dan investor di pasar modal

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Post comment