Ikuti Tahapannya ! Cara Memulai Investasi Saham [Terlengkap]

Cara Memulai Investasi Saham

Saham merupakan instrumen investasi yang sangat populer di dunia. Perlu anda tahu, bukan hanya bisnis yang bisa membuat seseorang menjadi miliarder. Karena jika anda lebih jeli memperhatikan, mostly orang terkaya di dunia pasti memiliki saham sebagai mesin penghasil uang.

Mereka mampu menghasilkan kekayaan dengan menjadikan saham sebagai bentuk investasi jangka panjang. Bahkan, label orang paling kaya sedunia pernah disandang oleh seorang investor saham asal Amerika Serikat yaitu Warren Buffett.

Di Indonesia juga ada nama Lo Kheng Hong yang sukses berinvestasi di pasar saham. Menurutnya, menjadi seorang investor saham bisa membuat anda menjadi kaya, sekalipun anda sedang tidur. Lalu bagaimana sih cara memulai investasi saham ? Dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk bisa menjadi seorang investor ?

Tidak sedikit yang punya pertanyaan yang sama, tapi bingung harus bertanya ke mana. Apakah anda salah satunya? Anda sudah berada di tempat yang tepat. Kita akan mengulas pertanyaan ini secara lengkap dan jelas disini.  

Investasi saham memang sudah lama terdengar gaungnya. Sebab dibandingkan jenis investasi lain, potensi keuntungan investasi saham terhitung lebih tinggi. Sehingga banyak yang orang berminat untuk mencoba peruntungannya di pasar saham dengan mindset ingin cepat kaya.

Berinvestasi saham pada hari ini bisa dikatakan mudah. Karena di era sekarang ini, jual beli saham bisa dilakukan secara online melalui smartphone atau desktop kapan pun dan dimana pun  kita berada. Saya paham bahwa investor pemula masih banyak mendapat informasi yang keliru mengenai saham, karena image saham itu katanya penuh resiko dan beranggapan saham itu hanya untuk orang berduit saja.

Untuk itu, saya menulis cara memulai investasi saham berdasarkan pengalaman, yang di harapkan bisa memberikan pencerahan dan menghapus sentimen buruk tentang saham kepada calon-calon investor untuk berani mulai berinvestasi saham.

Cara memulai investasi saham yang tepat dan terlengkap ? Simak pembahasannya berikut :

1. Investasikan Ilmu sebelum uang

Cara Memulai Investasi Saham

Ini sangat saya tekankan sekali sebelum  terjun ke  pasar saham, terlebih dahulu alokasikan waktu untuk belajar dasar-dasar investasi saham. Tanpa pengetahuan yang cukup, maka terjun ke pasar saham akan sangat berisiko. Itu sebabnya banyak sekali  para pemula karam di tengah jalan  dan putus harapan, mengalami kerugian besar karena minimnya ilmu.

Sebenarnya resiko investasi saham itu tergantung seberapa besar pengetahuan kita mengenai pasar saham itu sendiri. Kalau kita minim pengetahuan resikonya pasti sangat besar sekali.

Bagi para pemula yang ingin tahu cara memulai investasi saham sebaiknya pahami istilah-istilah yang sering digunakan  dalam saham, apa itu analisis fundamental  dan analisis teknikal yang menjadi dasar sebelum membeli saham. Penjelasan singkatnya analisis fundamental akan memberikan  informasi kesehatan perusahaan dengan mempelajari ROE, PER, DER, EPS dan Book value perusahaan.

Sedangkan dengan analisis teknikal anda akan tahu kapan timing yang tepat untuk masuk dan keluar dari saham tersebut contohnya  belajar chart pattern dan candlestick pattern. Dengan mempelajari ini semua,  saya yakin mindset seorang investor akan terbentuk di kepala anda.

Invetasi dari leher keatas adalah pondasi dasar bagaiman cara memulai investasi saham dengan benar, sehingga bisa meminimalisir resiko yang terjadi. Anda bisa belajar dengan rajin membaca buku tentang saham mencari informasi di berbagai media, seperti instagram dan youtube atau join ke group-group belajar saham dan  lain sebagainya.

2. Buka rekening saham

Cara Memulai Investasi Saham

Tahapan cara memulai investasi saham selanjutnya adalah membuka rekening saham. Untuk bisa bertransaksi di pasar saham kita harus terdaftar sebagai nasabah di perusahaan sekuritas (broker) karena perusahaan sekuritas adalah pintu masuk uang kita agar bisa ke bursa saham.

Anda bisa membuka rekening saham secara online, melalui situs resmi perusahaan sekuritas atau melalui aplikasi di smartphone secara gratis. Tetapi ada juga perusahaan sekuritas yang mewajibkan mengirimkan hardcopy sebagai persyaratan verifikasi formulir. Pastikan sekuritas yang anda pilih  memiliki fasilitas aplikasi online trading yang bagus dan mudah digunakan serta paling penting  sudah terdaftar di BEI dan di awasi oleh OJK.

Baca juga : Ini Dia! 8 Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik untuk Pemula

Setelah mantap memilih perusahaan sekuritas yang kira-kira tepat, selanjutnya siapkan dokumen untuk membuka rekening saham. Yang perlu anda siapkan untuk membuka rekening saham adalah :

  • KTP
  • NPWP. Untuk yang tidak memiliki NPWP tetap dapat membuka rekening saham dengan mengisi formulir tidak memiliki NPWP.
  • Buku tabungan.
  • Kartu Keluarga.
  • Materai 6000 sebanyak 3-4 buah. Untuk sekuritas yang mewajibkan mengirm formulir hardcopy

Selanjutnya, calon investor diwajibkan untuk mengisi formulir pembukaan rekening dan formulir Rekening Dana Investor (RDI) dari salah satu Bank yang berkerjasama. Setelah dokumen dan formulir di isi lengkap, perusahaan sekuritas melakukan proses verifikasi dokumen calon investor.

Setelah di setujui menjadi nasabah sekuritas, calon investor akan dikirinkan e-mail berupa username & password untuk masuk ke aplikasi jual beli saham (jika terdapat fasilitas online trading). Bersama itu calon investor juga akan mendapat Rekening Dana Investor (RDI) beserta nomor Single Investor Identification (SID) berupa kartu dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang di salurkan melalui perusahaan sekuritas.

3. Install aplikasi online trading.

 Cara Memulai Investasi Saham

Cara memulai investasi saham selanjutya adalah dengan menginstall aplikasi online trading yang sudah di sediakan oleh sekuritas tempat anda membuka rekening, baik versi komputer atau mobile. Tinggal pilih sesuai kebutuhan saja. Selanjutnya, anda bisa login menggunakan username dan password yang telah dikirimkan sebelumnya via e-mail. Biasanya setelah login anda diminta mengganti password dan PIN untuk keamanan.

4. Setor deposit dana

Setor deposit dana ke rekening RDI sejumlah nilai minimal yang ditentukan oleh sekuritas anda. Rekening Dana Investor (RDI) ini berupa rekening bank atas nama kita sendiri, tetapi tidak ada buku tabungan atau kartu ATM. RDI ini di khususkan hanya untuk menyimpan dana kita sebelum digunakan untuk membeli saham. Untuk melakukan deposit dana, kita bisa transfer via teller bank, atau lewat ATM, internet banking.

cara memulai investasi saham

START SMALL! Start small maksudnya adalah memulai dengan modal yang kecil. Kabar gembiranya kini ada program dari Bursa Efek Indonesia (BEI) bernama Yuk, Nabung Saham. Kampanye ini bertujuan agar anak muda berani memulai untuk menabung saham dengan modal yang kecil, yaitu Rp100 ribu. Hal ini sekaligus menepis anggapan kebanyakan orang bahwa investasi saham itu hanya untuk orang kaya saja.

Cara memulai investasi saham dengan dana yang kecil sangat membantu untuk anda yang masih pemula untuk belajar saham sambil praktek. Fokuslah belajar dulu ketika memulai sesuatu karena kesempatan akan selalu ada.

Jangan takut kehilangan cuan. Gunakan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan anda, lalu dana investasi bisa di tingkatkan secara bertahap seiring bertambahnya ilmu dan skill anda di dunia pasar saham.

5. Siap berinvestasi

Cara Memulai Investasi Saham

Setelah ke empat tahapan cara memulai investasi saham di atas di lalui, anda dapat memilih sekitar lebih 600 perusahaan yang terdaftar di  Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tentu tidak semua saham yang di perdagangkan layak untuk di investasikan. Ilmu dan kemampuan anda sangat berperan di sini. Tetapi sebagai saran untuk pemula pilih lah saham-saham yang tergolong saham unggulan atau biasa disebut bluechip. Bursa Efek Indonesia (BEI) telah mengkategorikan saham unggulan ini ke dalam index LQ45.

Baca Juga : SIMPLE! 3 Cara Memilih Saham untuk Investasi tanpa Analisis Fundamental

Semua investor saham pasti berawal dari pemula dan bahkan pernah mengalami  kegagalan tetapi mereka tetap belajar dan membentuk mindset yang benar sehingga menjadi seorang yang berhasil di pasar saham.

Investor terkenal seperti Warren Buffet atau Lo Kheng Hong pun bermula dari modal yang kecil, kemudian dengan mindset yang benar, ketekunan yang konsisten, dan rasa haus belajar yang tinggi membuat mereka bersemangat dalam menganalisa, dan berhasil. Jika anda sudah mengetahui tahapan cara memulai investasi saham. Tunggu apa lagi ? Take action now.

Share

2 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Post comment